Internet Murah dari Tri Rp 1.500 per hari 2 GB

8 menit saja

Ternyata, lebih lama lagi kali ini, atau makin lama gak update-update blog. Bukannya tidak ada yang hendak dibahas, ada segudang bahasan topik yang menarik buat di ulas. Namun, sekali lagi, lagi dan lagi.. menulis memang bukan passion saya. Kalau gak dipaksain, ya gak nulis. Hehe.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Kali ini sharing aja beberapa juga nanya di komentar maupun tanya langsung, pakai apa internet yang aku gunakan sehari-hari. Ada seabrek kartu sim card aku punya, semua operator ada dan dicoba. Terutama sejak memutuskan good bye dari salah satu provider fiber optic internet.

Sebelum pada inti pembahasan, mau review sedikit dulu tentang beberapa operator. Setiap operator aku punya nomor lebih dari 3 buah, mulai dari test paket promo, sampe test layanan.

Namun, buat nomor utama selalu hanya 2 nomor dari 2 operator saja.

Indosat IM3

Indosat IM3

Aku pakai operator Indosat atau ISAT ini sudah lama, lebih dari 13 tahun. Di awal-awal bagus, tapi sejak beberapa tahun performa dan layanannya benar-benar buruk. Apalagi akhir-akhir ini, lebih hancur lagi. Bukan berniat memburukkan, tapi bicara apa adanya dari sisi pengalaman diri.

Promo menyesatkan

Mulai dari penyedotan pulsa diam-diam, promo-promo penipuan, paket 1.000 rupiah per hari 1 GB yang billingnya ngacau, cek profil (info saldo, paket, …) yang susah, dan lain sebagainya. Kenapa disebut penipuan? Karena memang jelas-jelas menipu, bukan lagi soal Syarat dan Ketentuan yang biasa dipakai untuk menjebak karena tidak terbaca atau bahasa ambigu. Tapi benar-benar yang dipromokan berbeda dengan yang didapat sesudah registrasi (seperti foto di atas, setelah registrasi ternyata 5 ribu / hari).

Promo menyesatkan

Kembali ke paket internet, sebenarnya yang paling menarik dari paket ISAT yang ditawarkan adalah paket (Yellow) seribu rupiah per hari 1 GB. Sayangnya, seperti yang disebut diatas, billingnya sering ngacau, kuota masih ada tapi nyedot pulsa. Pada group facebook banyak sekali yang berteriak-teriak sama. Minta kejelasan ke CS nya sering enggak nyambung jawaban template-nya. Sampai aku coba berkali-kali, eh kok masih sama.. ya kesimpulannya emang kacau.

Yo wis, timbang loro ati terus mending ga dipakai lagi.

Meski demikian, aku masih pakai ISAT sebagai nomor utama (yang kedua), karena telah lebih dari 13 tahun menggunakannya nomornya sudah males ngubah-ngubah. Sebulan cukup diisi 5 ribu saja buat sekadar hidup haha…

Ya semoga, lekas membaik-lah ISAT ini dari keterpurukannya. Biar persaingan operator dapat berjalan lebih seru dan kompetitif.

Update

Ternyata ada yang menuliskannya keluh kesah β€˜pencurian’ ISAT ini, bisa di simak di sini Hentikan Kecurangan Indosat Ooredoo yang Sering Mencuri Pulsa

Hal serupa sering terjadi, berhati-hatilah menggunakan Indosat!

AXIS / XL

AXIS Unlimited

Aku gak bisa komentar banyak soal operator ini, meski pakai dan punya nomor paling banyak diantara lainnya.

Bahasa unlimited-nya sering menggoda, meski pada akhirnya limited juga. Dan kecewa haha..

Well Aku tahu, tidak ada yang benar-benar unlimited, tapi setidaknya jangan parah-parah amat limitednya seperti jargon unlimitednya buat penarik minat user baru. Mending gak usah pakai kata unlimited, aku rasa jauh lebih fair :-D

Murahnya kurang kerasa, alias standar aja ketika aku pakai. Tidak wah juga soal network di lokasi yang sering aku pergunakan. Sering ngadat, siang hari hanya dapat GPRS atau mentok 3G aja, ga bisa 4G/LTE.

Tentu saja lokasi dan kondisi masing-masing TKP beda. Namun, menjadi tidak istimewa, malah susah dipakai untuk siang hari. Itu saja, jadi sekedar buat selingan klo ada promo-promo hehe..

Pemakaian gak lama sih, baru 1 tahun lebih dikit. Ada 4 atau 5 nomor teregistrasi. Dan entah, sekarang sudah gak mengikutinya lagi. Yang awet dinikmati cuma XL paket youtube.

Smartfren

Dari semua operator, cuma ini yang kurang minat pake banget. Karena sejak berubah dari CDMA ke LTE, handphone, dan modemku jadi gak kepake. Selain itu, skema harganya rasanya terhitung mahal (atau normal?). Ditambah juga, paket jualan handphonenya yang di lock, membuat trauma susah-susah nabung beli handphone, eh jadi hiasan gudang sekarang hehe..

Modem buat smartfren sendiri yang aku punya ada 3 buah. jadi, aku ralat, operator ini duank yang hanya punya nomor gak sampai 3 biji hehe..

Telkomsel

TSEL 30 GB

Ini sih terkenal β€˜penghisap’ rupiah, alias muahal haha.. Belum lagi, paketannya dipecah-pecah gak karu-karuan sampai pusing. Beli 30 GB rasanya gede, ternyata setelah diamat-amati cuma kepakai 7 GB aja yang efektif, sisanya sulit dihabiskan.

Kalau soal network alias kekuatan internet, rasanya ini paling top. Setidaknya sejauh ini bertahun-tahun aku pakai.

Sampai sekarang, TSel tetep aku pakai terutama buat cadangan kalau operator atu-nya ngambek. Intinya bisa diandalkan, tapi enggak buat dipakai tiap hari. Over expensive buat kerja sehari-hari seperti saya haha..

Dan sepertinya TSel memahami jeritan hatiku, setiap bulan dikasih paket promo :

TSEL 25rb 3 GB

Dengan 25 ribu dapat 3 GB untuk semua network (2G/3G/4G), 100 menit telponan sesama telkomsel, dan 150 sms ke sesama juga.

Alhamdulillah, cucok buanget buat backup dan buat diperjalanan (mobile). Dan lebih cocok lagi, yang dapat promo itu malah di nomor utama.. tambah maknyus

Entah, sampai kapan promonya.. dinikmati saja. Dan jangan tanya bagaimana cara mendapatkannya, ciyus aku gak tau.. tiba-tiba menu itu muncul sudah berbulan-bulan yang lalu. Di nomor lainnya, GAK ADA. Kalau tau caranya, tentu sudah aku share di sini haha..

Bolt

Bolt Home

Eh, ini aku tulis buat update. Baru teringat ada Bolt. Waktu daftar pertama kali, dapat paket 8 mbps dan hanya 199 ribu. Bisa di share lepas sekeluarga.

Now, paketnya masih tetap kompetitif sekitar 249 ribu sebulan untuk true unlimited, bro!

Hanya… meski posisi TKP tidak jauh dari Galeri Bolt, pinjam dari punya client untuk pemakaian siang hari seperti keong racun speednya. Mungkin lain waktu perlu kupertimbangkan, jika dan hanya jika (halah bahasa matematika), koneksinya sudah lancar pastinya dan sudah mulai hobi streaming lagi haha..

Tri

Tri 33 GB

Kalau urusan paket-paket murah, memang tri jagoannya. Hanya 1 masalahnya, coverage nya hoki-hokian. Dapat signal bagus juga belum tentu internet lancar, tergantung peak penggunanya. Alias, klo kamu dapat daerah yang enak buat internetan tri, maka berbahagialah.. akan mendapat paket-paket yang murah meriah, banyak bonus, dan sesekali bumbunya ngadat hehe..

Hampir tiap hari ditawari promo-promo paket internet menarik.

Selamat! Kamu berhak dpt Facebook-an selama 30 hari! Caranya cukup isi ulang pulsa minimal 5rb hari ini juga! SK Berlaku. Info 123

Dan saat isi kuota pun masih dapat bonus

SELAMAT! Kamu mendapatkan Pulsa dan Kuota 3GB. Kuota internet dapat dipakai di jaringan 4G selama 7 hari dari jam 00:00-12:00. Gunakan terus Kartu Tri Kamu

Terima kasih atas isi ulang pulsanya yah. Karena #TriSayangKamu, paket 5GB 1hr (1GB + 4GB 00-09) telah ditambahkan loh.

Awalnya aku pakai paket sebulan 30GB+2/3 GB sekitar 65-75 ribu per bulan. Itu saja sudah kerasa mantap buat dipakai sehari-hari. Kadang di kombinasi dengan paket Cinta 50 GB biar weekend bisa banyak download.

Namun, sudah sebulan ini ada paket tri yang lebih menggiurkan dan langsung beralih. Saat ini pun sedang aku pakai.

Dulu (eh sampe sekarang juga masih sering sih) dapat SMS seperti ini:

WOW! KUOTA 2GB HANYA Rp1500 (berlaku 24 Jam). Balas SMS ini ketik WB utk beli. Berlaku perpnjangan otomatis. Ketik Stop(spasi)AU2GB ke 234 utk berhenti. Info123

Buru-buru deh aku aktifkan dengan membalas SMS nya :

Kuota 2GB berlaku 1 hari di semua jaringan berhasil diaktifkan. Berlaku perpanjangan Otomatis. Ketik Stop(spasi)AU2GB ke 234 utk berhenti. Info123

Akhirnya sampai hari ini, aku pakai paket tri ini, sehari Rp 1.500,- mendapat 2 GB. Atau jika dihitung-hitung, sekitar Rp 45 ribu per bulan, mendapat 60 GB. Jaaauh lebih murah!

Hasil Speedtest Tri

Hasil speedtest-nya pun tidak mengecewakan. Screenshot di atas aku ambil saat tulisan ini aku buat (Sabtu sore).

Tri Perpanjang Otomatis

Dan enaknya lagi, paket ini beneran auto renewal (perpanjangan otomatis) setiap hari. Jadi aman, tidak was-was kebablasan. Tinggal isi pulsa saja, beres.

Registrasi

Bagi yang tidak mendapatkan SMS promo bagaimana pendaftarannya? Nah, ini dia..

Nyari di websitenya si Tri sulit di dapat, malah terkesan gak ada (belum ketemu saat tulisan ini dibuat). Awalnya mikir, karena registrasinya via SMS, kenapa enggak dicoba nembak via SMS juga?

Tri Pembelian Terakhir

Aku cek dimenu Bima+ bahwa pembelian terakhir, nhaa.. disitu rupanya keyword buat registrasinya.

Ketik: MAU 1H2GBAR (update: sekarang menjadi MAU 1H2GB)

Maksudnya adalah register dengan nama paket 1H2GBAR. Kirim ke 234 seperti kalau register paket-paket lainnya.

Tri Pembelian Terakhir

Ahaaa berhasil!

Begitulah cara mendaftar paket 2 G per hari Rp 1.500,- di operator Tri.

Untuk selanjutnya akan auto renewal setiap hari, sesuai saat jam pendaftaran. Itulah enaknya Tri, di reset bukan per jam 00, tapi sesuai jam pendaftaran!

UPDATE REGISTRASI

Hari ini per 25 Maret atas informasi komentar blog aku cek ulang, ternyata nama paketnya berubah menjadi 1H2GB.

Jadi yang mau coba daftar paket ini, ketik: MAU 1H2GB ke 234

Cek Kuota

Pengecekkan kuota, saat tulisan ini dibuat, belum bisa dilakukan di aplikasi Bima. Alhasil, harus dilakukan dengan cara manual, yakni dial ke *123*2*3#

Maka akan mendapat SMS sejenis ini:

Sisa Kuota kamu :
Kuota Bulanan 1555 MB s.d 17/04/2018 12:00:55
Kuota Facebook 0 MB s.d 13/03/2018 13:30:25
Kuota ++ 3 MB s.d 06/12/2067 12:59:17
Kuota Promo 4G (00-12) 0 MB s.d 11/03/2018 13:00:32
Kuota Reguler 1348 MB s.d 11/03/2018 14:39:23
Temukan beragam paket lain di bima+ https://goo.gl/RQ1DBA

Paket harian ini, tertulis di sana adalah Kuota Reguler (tulisan kuota paling bawah).

Tips Trik

Tri Auto Renewal

Meski auto renewal sebaiknya backup paket data tri harian ini dengan paket data AON. Berdasarkan pengalaman, kadang terjadi keterlambatan renewal paket beberapa menit. Dalam waktu beberapa menit itu jika ada paket data dikhawatirkan akan menyedot pulsa. Maka dari itu, perlu di backup oleh paket data yang masa aktif panjang seperti AON atau Reguler++.

Penutup

koleksi handphone

Mungkin pada heran, kok aku punya banyak sekali nomor? Iya, selain memang aku pakai buat cari kuota paket internet yang cocok. Aku pakai juga buat ngisi SIM pada handphone dan modem di rumah yang banyak. Wuih kaya sekali punya banyak gadget? Bukan, bukan punya sendiri. Alias inventaris. Tepatnya gadget buat developing dan yang bagus-bagus kebanyakan bukan kepunyaan pribadi hehe..

Ok, sekian yak, mohon maaf kalau ada sesuatu yang kurang berkenan. Jika ada salah-salah mohon dibantu koreksinya.

Semoga bermanfaat, jangan lupa komentarnya jika sudah membaca ini.. tinggalkan jejak agar saya mengenal kamu dan tahu pendapatmu 😘

Tinggalkan komentar