Halo (lagi) Blog!

1 menit saja

Halo lagi, blog! Wuah, beneran 2 tahun lebih gak ngupdate. Bukan gak ada content, buanyaaak malahan. Semua berawal dari stress nya pakai jekyll, update bundle, gem, dan lain-lainnya rumit bikin macet. Dulunya ada docker buat mempertahankan versinya. Tapi seiring harddisk rusak, raib semua filenya juga. Hari ini coba dibenerin ulang secara perlahan-lahan. Semoga sukses dan semangat! ✊🏼😁

Perubahan

Ada banyak cerita, tentang perubahan. Apalagi 2 tahun lebih, atau 3 tahun. Dari cerita tentang cara coding, perubahan hobi yang ditekuni, sampai tentang hidup kehidupan sendiri.

Yang jelas, saat ini saya sudah tinggal di Kediri, Jawa Timur. Kembali ke kampung saat pandemi corona merebak. Sebelum rame-ramenya trend beda antara istilah mudik dan pulkam. Masa isolasi mandiri 14 hari sudah selesai. Rencana tinggal di kampung, sudah lama direncanakan, akhirnya kesampaian juga. Meski, entah, bisa juga, bisa jadi kelak akan merantau lagi. Suka duka diranah perantauan.

Tentang tulisan-tulisan di blog, karena ditulis udah sekian tahun lamanya. Tentu saja banyak yang sudah expired. Jadi mohon maaf yak, tidak sempat/bisa mengupdatenya, dan mohon dimaklumi jika banyak ketidaksesusaiain akibat perubahan terbaru.

Kini

Cukup deh, gak usah berpanjang kali lebar yak.

Dalam suasana serba from Home, nampaknya bisa menggiatkan kembali menulis dan berkarya, sesuatu yang bermanfaat buat banyak orang. Yap. Itu semangatnya. Jangan kendor, brok! * ngomong ke diri sendiri

Selain juga buat mendokumentasikan segala hal yang dirasa penting, kawatir lupa atau dibutuhkan saat-saat penting dikemudian hari.

Gagal Migrasi

Sebenarnya sudah berkali-kali mo pindah engine, dari Jekyll ke Hugo. Tapi belum nemu template yang pas. Yang tetap bersih, elegan, dan terdapat Table of Content -nya.

Latar belakangnya tentu saja karena hal tadi itu:

  1. Kesulitan saat bundle ada update, error seabrek susah menyesuaikan
  2. Banyak banget paket yang harus diinstall, dependensi yang seabrek dan rumit di version. Bikin sutress haha..
  3. Jekyll rasanya lemot buat update/nambah artikel. Perubahan sedikit di blog ini, di render sampe 16 detik bahkan lebih. Beda banget ma hugo yang kayak disamber petir, kilat menyambar.

Dan berbagai alasan lain, yang lupa dijelaskan. Pas saat error-error aneh bingung cari solusinya.

Ada ide buat migrasi kemana dari Jekyll? (sapa tau ada yang nyimak dan baca haha)

Akhir

Melet orang

So, segini aja..

Mudah-mudahan, bisa kembali lancar. Si tempat hosting, Gitlab, tidak ngadat dengan bundel jekyl versi lama ini. Dan pada akhirnya tetap bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat!

Tinggalkan komentar